10 Faktor Yang Menjadi Penyebab Sariawan

Penyebab Sariawan - Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab sariawan, sariawan adalah luka kecil yang menyerang mulut. Luka yang bentuknya tidak teratur ini jika ukurannya kecil, maka akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu sekitar 7 sampai 10 hari. Tetapi jika ukurannya lumayan besar maka untuk menyembuhkannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Sariawan adalah penyakit yang menyerang hampir semua orang tanpa mengenal usia ataupun jenis kelamin. Hampir semua orang pernah mengalami penyakit ini, bahkan mungkin bukan hanya sekali ataupun dua kali.
Penyebab Sariawan
Baca Juga : Penyebab Radang Paru-Paru

Berikut ini adalah faktor yang dapat menjadi penyebab sariawan yang dapat Anda ketahui:

Pasta gigi
Pasta gigi dan juga obat kumur yang mengandung SLS atau Sodium Lauryl Sulphate dapat mengakibatkan rongga mulut menjadi kering dan rawan terkena iritasi.
Trauma
Sariawan terjadi pada tempat yang mungkin dulunya pernah terjadi luka seperti bibir tergigit, terkena makanan atau minuman yang terlalu panas ataupun tergores sikat gigi. Walaupun tidak menjadi penyebab utama tetapi faktor trauma merupakan faktor pendukung yang patut untuk diwaspadai.
Genetik
Faktor ini merupakan faktor penyebab sariawan yang kemungkinannya cukup besar. Bagi seseorang yang memiliki riwayat keluarga terkena sariawan akan lebih besar terkena sariawan dibandingkan orang lain yang tidak. Memang terdapat banyak penyakit yang dapat diturunkan dari orangtua ke anak-anaknya, salah satunya yaitu sariawan.
Gangguan immunologi
Gangguan respon imun secara berlebihan dapat menyebabkan ulserasi lokal yang ada pada mukosa dan menyebabkan terjadinya sariawan.
Alergi
Alergi adalah keadaan dimana rongga mulut menolak beberapa kontak penggunaan bahan pokok. Diantaranya yaitu pasta gigi, gigi palsu, makanan permen karet dan lain sebagainya yang direspon oleh sistem imun spesifik. Setelah terkena kontak langsung dengan hal-hal yang sensitif tersebut, maka akan muncul rasa panas, gatal dan adanya bintik kecil yang kemudian pecah membentuk sariawan.
Stress
Stres juga merupakan salah satu penyebab terjadinya sariawan yang cukup banyak dialami. Stres adalah respon yang diberikan oleh tubuh untuk menyesuaikan diri dalam lingkungan.
Defisiensi nutrisi
Penyebab sariawan ini adalah penyebab yang paling umum dialami penderita sariawan, dimana seseorang kekurangan nutrisi seperti zat besi, asam folat, vitamin B12 dan zink.
Hormonal
Untuk faktor ini lebih sering terjadi pada wanita, yaitu pada saat pra-menstruasi. Dimana pada saat itu seorang wanita akan mengalami penurunan hormon yaitu estrogen dan juga progesteron.
Merokok
Merokok juga menjadi salah satu penyebab terjadinya sariawan, pasalnya merokok adalah aktifitas yang dapat menyebabkan peradangan pada mulut.
Obat-obatan
Menggunakan obat tertentu seperti NSAID (Nonsteroidal anti-inflamatori), beta blockers, nicorandil dan agen kemoterapi juga menjadi penyebab seseorang terkena sariawan.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab sariawan, semoga sedikit ulasan ini dapat memberikan manfaat bagi Anda semua.