Ragam Penyebab Dada Sakit

Penyebab Dada Sakit - Banyak hal dari penyebab dada sakit. Tubuh manusia merupakan suatu sistem yang sangat rumit. Di dalam tubuh manusia terdapat banyak sekali organ tubuh yang saling menyokong satu sama lain. Dari setiap organ, memiliki fungsi yang berbeda-beda namun tetap saling berkaitan. Dengan kata lain, apabila ada satu organ saja yang mengalami gagal fungsi atau yang lebih dikenal dengan malfunction, organ yang lain akan merasakan kegagalan yang sama. Dan apabila kegagalan tersebut terjadi, maka tubuh akan bereaksi secara negative dengan rasa nyeri pada bagian tubuh tertentu.
Penyebab Dada Sakit
Baca Juga : Penyebab Darah Kental

Seperti yang telah disinggung pada awal artikel, bahwa penyebab dada sakit sangat beragam, maka disini akan dijelaskan apa saja hal-hal yang biasa menyebabkan dada menjadi nyeri. Yang pertama adalah Angina. Angina itu sendiri merupakan kondisi dimana dada akan terasa sakit yang sangat berkaitan erat dengan organ jantung. Salah satu organ vital yang ada di tubuh manusia ini berfungsi memompa darah, dan mengalirkannya ke seluruh tubuh sehingga tubuh akan mendapatkan pasokan oksigen untuk tetap bekerja. Jadi, Angina akan terjadi ketika jantung mengalami masalah pada saat memompa darah yang masuk ke dalam jantung.

Penyebab dada sakit bukan hanya berasal dari jantung saja, melainkan dari organ lambung juga bisa terjadi. Lambung termasuk ke dalam jalur sistem pencernaan, jadi apabila lambung seseorang terganggu, pencernaannya juga akan terganggu. Di dalam lambung semua makanan akan dilumat dengan cairan yang ada di dalam lambung, apabila makanan yang dikonsumsi memiliki sifat panas atau pedas, maka lambung akan bekerja lebih ekstra untuk dapat melumatnya. Sisi negative dari peningkatan kerja oleh lambung ialah akan semakin tingginya zat asam yang akan memenuhi lambung dan sebagai akan menekan terus ke kerongkongan, sehingga rasa sakit pada bagian dada bisa saja terjadi.

Penyebab dada sakit yang berikutnya disebabkan oleh penyakit lain seperti darah tinggi. Karena tubuh manusia merupakan sebuah sistem yang saling berkaitan, maka tidak heran apabila bagian lain yang tidak berfungsi bisa menyebabkan sesuatu yang fatal. Salah satunya adalah penyakit darah tinggi yang bisa menyebabkan rasa sakit pada bagian dada. Hal ini disebabkan karena adanya pemisahan dari aorta atau arteri utama jantung, sehingga menyebabkan pendarahan pada organ jantung. Rasa sakit yang timbul biasanya bersifat tiba-tiba atau yang lebih dikenal dengan sebutan disekti aorta.

Penyebab dada sakit yang terakhir yang biasa terjadi ialah spasme esophagus. Kondisi ini bisa terjadi dimana otot-otot yang melapisi pada bagian esophagus mengalami kejang atau tidak berfungsi dengan baik. Hal yang bisa menyebabkan otot-otot tersebut kejang adalah adanya tumbuhkan pada bagian dada oleh benda tumpul. Hal ini akan sangat riskan apabila tidak segera diatasi, karena bisa menyebabkan jantung berhenti bekerja.