Penyebab Darah Kental Dan Pencegahannya

Penyebab Darah Kental - Gejala dan penyebab darah kental sebenarnya merupakan urutan keadaan darah dalam tubuh yang kadar kekentalannya terlalu tinggi. Hal ini menyebabkan beberapa efek samping seperti mual, pusing dan sakit kepala. Kemudian kondisi pengentalan darah tersebut menyebabkan aliran darah menjadi terhambat, sehingga penderitanya rentan mengalami keluhan. Adanya kondisi ini tentu tidak baik jika dibiarkan terus menerus. Meskipun resikonya tidak terlalu berat, tetapi pengentalan darah juga akan menghambat produktifitas kerja ketika beraktifitas. Bagi Anda yang mungkin pernah mengalami keluhan diatas, mungkin saja itu merupakan gejala darah kental. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan di bawah ini.
Penyebab Darah Kental
Baca Juga : Penyebab Demam Berdarah

Gejala Penyakit Darah Kental
Kondisi darah kental tentu harus dihindari dan kalau bisa harus dicegah lebih awal. Kadang kita tidak menyadari aktifitas pekerjaan di kantor yang monoton memuat tubuh tidak sering bergerak. Padahal, tubuh yang sering beraktifitas merupakan salah satu cara untuk melancarkan peredaran darah. Akan tetapi, pekerjaan kantoran yang hanya duduk dan konsentrasi membuat darah tidak lancar mengair ke seluruh tubuh. Penyebab darah kental secara tidak langsung dipengaruhi oleh keseharian tersebut. Selain itu, pola hidup yang tidak sehat juga menjadi penyumbang keluhan darah kental. Gejala tersebut diakibatkan karena kebiasaan berikut ini:

Minuman keras
Kalangan eksekutif dan budaya hidup di kota kadang tidak selamanya baik. Setelah beraktifitas di kantor, ada beberapa orang yang melewatkan penat dan stres bekerja dengan jalan yang salah, misalnya minum minuman beralkohol. Mereka melewatkan waktu bersama teman kerja di café untuk menghilangkan stres mencari hiburan dan minum. Padahal hal tersebut mutlak tidak baik untuk kesehatan organ tubuh. Daripada membuang waktu dengan hal yang tidak bermanfaat, lebih baik disela istirahat dari kantor manfaatkan untuk berolah raga sejenak untuk melancarkan peredaran darah. Penyebab darah kental meminum alkohol tentu bisa diganti dengan cara positif tersebut.

Kurang air putih
Manfaat air putih bagi tubuh sangat besar seperti untuk menjaga kesegaran dan stamina tubuh. Aktifitas kerja yang melelahkan harus diimbangi dengan minum air putih yang cukup. sebab tubuh sangat membutuhkan cairan minimal 8 gelas setiap hari. Banyak yang tidak menyadari bahwa penyebab darah kental salah satunya karena kurang air putih. Malah mereka lebih memilih minum kopi yang selalu tersedia di meja kerja. Ketika pikiran sudah terlalu lelah mereka istirahat sejenak di ruang smoking untuk menghisap rokok. Kebasaan ini juga bukan hal yang tepat jika ingin melancarkan peredaran darah.

Selain itu, Anda juga harus mementingkan pola makan yang baik, tidak harus dengan menu-menu berat dan lemak tinggi. Tapi makanan yang dikonsumsi adalah yang memenuhi gizi seimbang untuk tubuh kita. Nutrisi yang lengkap akan membantu memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan dalam pembentukan darah merah dalam tubuh. Sehingga keadaan darah tetap stabil dan aliran darah tidak terhambat akibat darah yang kental. Semoga hal kecil ini bisa Anda lakukan dengan rutin dan kebiasaan penyebab darah kental bisa Anda ganti dengan kebiasaan positif untuk kesehatan Anda.