Pengertian dan Penyebab Diabetes Melitus

Penyebab Diabetes Melitus - Mengetahui penyebab diabetes melitus adalah cara yang tepat dalam upaya mencegah penyakit tersebut mengidap pada diri kita. Sebab, diabetes merupakan penyakit yang sering terjadi pada usia seseorang ketika memasuki 40 tahun ke atas. Bahkan sebagian besar penderita penyakit ini kemudian mengalami komplikasi yang berujung pada kematian. Tidak heran jika banyak orang yang khawatir dirinya terserang diabetes melitus. Tapi sebenarnya seperti apa pengertian penyakit tersebut tentu hal ini juga perlu kita ketahui.
Penyebab Diabetes Melitus
Baca Juga : Penyebab Demam

Penyakit diabetes melitus merupakan penyakit yang diindikasikan dengan kadar gula tinggi secara berkesinambungan. Kadar gula tersebut juga akan semakin tinggi ketika seseorang tersebut baru saja mengkonsumsi makanan mengandung karbohidrat. Keadaan kadar glukosa yang tinggi tersebut kemudian berakibat terhadap gangguan hormonal dan metabolisme tubuh, seperti menurunnya kadar insulin dalam tubuh. Penyebab diabetes melitus ini juga bisa bersumber dari pola dan kebiasaan sehari-hari. Contohnya adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan berat dan makanan manis. Meskipun, ada juga beberapa faktor lain seperti keturunan.

Penyebab Diabetes Melitus

Penyebab utama penyakit diabetes melitus adalah menurunnya kadar insulin didalam tubuh seseorang. Keadaan ini merupakan bagian dalam tingkatan stadium diabetes melitus berupa stadium1. Sedangkan menurunnya kepekaan jaringan tubuh terhadap produktifitas insulin merupakan penyebab penyakit diabetes ini memasuki stadium 2. Sedangkan penyebab diabetes melitus stadium lainnya adalah ketika ketahanan insulin tidak bisa berfungsi secara maksimal pada wanita hamil. Dalam tingkatan stadium tersebut, urutan stadium 1 merupakan tingkatan diabetes melitus yang sudah berbahaya.

Salah satu yang harus dilakukan bagi penderita tersebut adalah menyuntikkan insulin ke dalam tubuh. Suntik insulin tersebut dilakukan setiap hari untuk mengganti kadar insulin yang sudah tidak mampu diproduksi maksimal oleh tubuh. Sedangkan bagi penderita diabetes melitus stadium 2 bisa diatasi dengan mengonsumsi obat untuk meningkatkan kerja jaringan tubuh. Hanya saja, keadaan tertentu saja pasien stadium 2 harus disuntik insulin. Berbeda pada penyebab diabetes melitus pada ibu hamil karena faktor hormonal ketika hamil. Diabetes melitus pada ibu hamil bisa sembuh dengan sendirinya jika sudah melahirkan.

Mengatasi penyakit diabetes melitus
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan mencegah penyakit diabetes. Hal ini berhubungan dengan pola hidup yang sehat dalam kehidupan sehari-hari. Pola hidup yang sehat tersebut bisa dimulai dengan menerapkan menu yang sehat dan seimbang. Selanjutnya adalah rutin berolah raga dan aktifitas fisik. Serta harus memenuhi kebutuhan tubuh untuk istirahat yang cukup. Jika Anda menerapkan pola tersebut, penyebab diabetes melitus bisa dicegah lebih dini tanpa harus mengobati.

Demikian ulasan pengertian dan sumber penyakit diabetes melitus. Semoga artikel ini membantu Anda dalam menjalani pola hidup sehat dan penyembuhan secara alami. Kuncinya adalah tidak mengonsumsi makan manis bagi penderita diabetes. Resiko komplikasi dari penyakit ini juga bisa ditanggulangi dengan baik disini.