Faktor Utama Penyebab Gagal Ginjal

Penyebab Gagal Ginjal - Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang fungsinya sangat penting dalam keberlangsungan sistem metabolisme tubuh. Ginjal mengolah zat sisa dalam tubuh yang nantinya dijadikan air seni dan juga keringat. Selain itu, fungsi ginjal yang utama adalah menyaring darah dalam tubuh. Kerja ginjal sangat mempengaruhi metabolisme dalam tubuh, jika ginjal mengalami kerusakan tentunya akan mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kerusakan ginjal yang paling fatal yaitu gagal ginjal. Gagal ginjal berarti ginjal sudah tidak bisa bekerja lagi sebagaimana mestinya. Penyebab gagal ginjal diklasifikasikan menjadi 3 yaitu perenial, renal, dan post renal.
Penyebab Gagal Ginjal
Baca Juga : Penyebab Gusi Bengkak

Klasifikasi penyebab gagal ginjal yang pertama yaitu prerenal. Penyebab prerenal ini berhubungan dengan aliran darah ke ginjal. Ada beberapa penyebab prerenal pada gagal ginjal, diantaranya:

Dehidrasi
Dehidrasi kondisi dimana tubuh kekurangan cairan. Ada dua macam dehidrasi yaitu dehidrasi akibat terlalu banyak mengeluarkan cairan dan dehidrasi karena kurang asupan cairan ke dalam tubuh. Dehidrasi akibat banyak mengeluarkan cairan biasanya disebabkan karena diare, muntah-muntah, demam, berkeringat, dan lain sebagainya. Agar tidak dehidrasi air putih yang dikonsumsi harus lebih banyak. Dalam keadaan sehat minimal dalam satu hari harus minum satu liter air putih.

Hipovolemia
Hipovolemia merupakan kejadian dimana tubuh kekurangan darah, misalnya karena kecelakaan, luka yang terus menerus mengeluarkan darah, dan pendarahan lainnya. Kondisi kekurangan darah ini bisa memicu terjadinya gagal ginjal prerenal.

Gangguan aliran darah
Gangguan aliran darah ke ginjal dapat diakibatkan karena adanya sumbatan antara saluran pembuluh darah ke ginjal.

Obat-obatan
Pengaruh obat-obatan juga bisa menjadi salah satu penyebab gagal ginjal. Obat-obatan seperti obat pelancar air seni, dapat menyebabkan tubuh kekurangan air karena air seni yang dikeluarkan terlalu banyak karena pengaruh obat ini.

Klasifikasi penyebab gagal ginjal yang kedua yaitu renal. Penyebab ini terjadi langsung pada ginjalnya. Berikut beberapa faktor renal pada kegagalan ginjal:

Sepsis
Sepsis keadaan dimana sistem imun tubuh tidak bisa melawan infeksi atau virus dalam tubuh sehingga virus tersebut menular ke seluruh tubuh dan dapat menjadikan ginjal menjadi rusak dan gagal.

Rhabdomyolysis
Kondisi dimana adanya kerusakan pada otot sehingga menyumbat ginjal dan dapat menyebabkan gagal ginjal.

Glomerulonefritis akut
Kondisi ini dimana sistem penyaringan ginjal mengalami peradangan dan dapat merusak ginjal secara permanen.

Klasifikasi yang terakhir dari penyebab gagal ginjal yaitu paternal. Post renal ini bersumber pada aliran urine. Berikut penyebab dari gagal ginjal post renal:

Obstruksi
Obstruksi merupakan kondisi dimana ureter mengalami penyumbatan. Hal ini dapat memberikan tekanan pada ginjal dan bisa rusak secara permanen.

Kanker prostat
Kanker prostat menghalangi saluran kandung kemih sehingga membuat air seni tidak bisa keluar melalui saluran yang semestinya.

Tumor
Tumor pada perut dapat menghalangi ureter sehingga menghalangi ginjal untuk mengeluarkan zat sisa berupa air seni.

Batu ginjal
Batu ginjal dapat terbentuk karena endapan kristal pada saluran antara ginjal dan kandung kemih, hal ini dapat menyebabkan ginjal tidak bisa mengeluarkan zat sisa secara normal dan dapat menyebabkan ginjal rusak.