Apa Saja Penyebab Gigi Berlubang?

Penyebab Gigi Berlubang - Gigi berlubang merupakan masalah yang biasa diderita oleh banyak orang. Tapi, sayangnya banyak orang yang belum sadar bahwa gigi berlubang sangat tidak baik dan bisa mengganggu kesehatan tubuh secara menyeluruh. Ketika orang yang mengalami gigi berlubang biasanya tidak sadar dan membiarkannya begitu saja. Gigi berlubang atau karies gigi merupakan masalah yang sangat umum dan timbulnya bertahap. Orang baru akan sadar jika gigi sudah berlubang. Padahal pencegahan karies gigi jika dilakukan lebih awal akan lebih mudah untuk ditangani. Banyak dan merasakan sakit. Ada beberapa kebiasaan buruk penyebab gigi berlubang yang mungkin kurang disadari. Berikut beberapa faktor penyebab terjadinya gigi berlubang.
Penyebab Gigi Berlubang
Baca Juga : Penyebab Gusi Berdarah

Sering makan manis
Kebiasaan makan makanan yang manis yang terlalu sering merupakan faktor utama penyebab gigi berlubang. Lubang pada gigi terbentuk karena keasaman pada gigi, ketika sering makan makanan manis gula yang masuk dalam mulut akan dipecah dan akan diubah menjadi asam. Terlalu banyak asam dalam mulut maka bakteri sangat mudah untuk berkembang, oleh karena itu sering makan manis dan jarang membersihkannya merupakan penyebab utama gigi berlubang.

Struktur gigi
Struktur gigi juga berpengaruh pada gigi yang berlubang. Setiap orang mempunyai struktur gigi yang berbeda-beda, ada yang mempunyai struktur gigi yang sulit dibersihkan dari plak atau kotoran. Nah, untuk Anda yang mempunyai masalah mengenai struktur gigi dan sulit dalam hal membersihkan menjadi salah satu penyebab gigi berlubang. Plak yang menempel pada gigi dan karena struktur gigi tidak bisa di bersihkan bisa menjadikan gigi menjadi berlubang.

Jarang membersihkan gigi
Kebersihan gigi yang sangat buruk merupakan penyebab gigi berlubang. Arang membersihkan gigi dengan menyikat gigi merupakan faktor utama penyebab gigi yang berlubang. Gigi yang jarang dibersihkan tentunya banyak sekali sisa makanan, plak, dan karang gigi yang seharusnya dibersihkan, hal inilah yang memicu bakteri untuk hadir dan menggerogoti gigi Anda sedikit demi sedikit. Setidaknya gigi harus dibersihkan dua kali dalam satu hari yaitu dengan menggosok gigi.

Bakteri tertentu
Tidak semuanya gigi berlubang dikarenakan plak, penyebab gigi berlubang ada kalanya karena bakteri yang menyerang gigi. Lagi-lagi bakteri ini tentunya datang karena Anda kurang memperhatikan kesehatan gigi. Gigi yang dibiarkan saja dan arang dibersihkan merupakan sarang bakteri berbahaya dan dapat membuat gigi menjadi berlubang.

Air liur yang sedikit
Gigi berlubang juga bisa disebabkan karena air liur dalam mulut yang terlalu sedikit. Air liur dalam mulut mempunyai fungsi alami sebagai penghilang bakteri dan pembersih gigi, jika air liur dalam mulut sudah sedikit tentunya orang akan lebih rentang mengalami gigi berlubang. Peranan air liur ini sangat banyak untuk mulut dan dapat menjadi penentu apakah beresiko mengalamigigi berlubang atau tidak.

Hamil
Pada saat masa kehamilan tri mester pertama wanita akan mengalami perubahan hormon yang sangat banyak, perubahan hormon inilah yang memicu timbulnya berbagai masalah termasuk juga masalah kesehatan gigi yaitu gigi berlubang.