Penyebab Wanita Telat Datang Bulan dan Solusinya

Penyebab Wanita Telat Datang Bulan dan Solusinya - Faktor penyebab wanita telat datang bulan bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor penyebab telat haid ini kadang bisa dialami oleh wanita. Sebagian besar pada wanita selalu mengalami siklus datang bulan yang teratur setiap bulannya. Haid atau datang bulan mempunyai siklus yang berbeda-beda. Jika wanita tersebut teratur datang bulan, hitungannya siklus datang bulan pada hari ke 21 sampai 30 setiap bulannya. Maka dari hitungan siklus tersebut, banyak orang mengistilahkan haid ini dengan siklus datang bulan.
Penyebab Wanita Telat Datang Bulan,pada remaja,telat datang bulan selain hamil,telat datang bulan 2 minggu,telat datang bulan dan solusinya,apa penyebab telat datang bulan,
Baca juga : Penyebab Wajah Berminyak


Dalam beberapa kasus, tidak semua wanita bisa mengalami siklus datang bulan yang teratur. Ada beberapa wanita yang sering mengalami telat datang bulan, bahkan hingga lama keterlambatannya. Keadaan telat datang bulan tersebut tentu membuat wanita tidak nyaman, bahkan mengira telat haid tersebut merupakan tanda kehamilan. Padahal, penyebab wanita telat datang bulan bukan karena hamil saja, telat haid tersebut juga bermacam-macam penyebabnya. Pemicu telat datang bulan bisa disebabkan oleh hal berikut ini.

Stres
Kondisi stres pada seorang wanita mengakibatkan hormon yang mengatur siklus datang bulan mengalami kinerja yang menurun. Secara tidak langsung, siklus rutin datang bulan bisa menjadi tidak teratur. Penyebab wanita telat datang bulan ini bisa dicegah dengan cara selalu berpikiran positif dan pikiran fresh.

Fisik lelah
Kelelahan menjadi pemicu seorang wanita bisa mengalami telat datang bulan. Wanita karir yang kurang memperhatikan kesehatan dan fisiknya tentu membuat fisik menjadi lelah. Siklus menstruasi menjadi terhambat karena faktor fisik yang lelah dan kurang istirahat.

Berat badan
Penyebab wanita telat datang bulan juga bisa disebabkan oleh faktor berat badan. Obesitas menjadi faktor utama yang mempengaruhi telat datang bulan. Kadang ada yang mengalami siklus datang haid 2 bulan sekali.

Perubahan aktifitas
Perubahan aktifitas yang menjadi rutinitas menjadi penyebab seseorang bisa mengalami telat datang bulan. Misalnya perubahan rutinitas bekerja dan waktu tidur, aktifitas kerja yang menggunakan sift juga menyebabkan perubahan rutinitas. Keadaan tersebut menyebabkan tubuh melakukan adaptasi dari rutinitas yang silih berganti. Keadaan tersebut membuat hormon pengatur siklus mengikut pola rutinitas yang menyebabkan siklus bulanan haid terganggu.

Solusi telat datang bulan
Datang bulan yang tidak teratur bukan merupakan indikasi gangguan kesehatan. Tetapi hanya pola kerja hormon yang bekerja tidak stabil dalam mengatur siklus kewanitaan. Solusi untuk mengatasi ini adalah dengan menjalankan pola hidup sehat. Olahraga rutin juga sangat membantu dalam siklus datang bulan menjadi teratur.

Demikianlah beberapa faktor penyebab wanita telat datang bulan yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Semoga setelah membaca artikel ini, rasa penasaran terhadap siklus datang bulan yang tidak teratur bisa mendapatkan jawaban dan solusi tepat dengan menjalani pola hidup sehat.